Sponsors

Kamis, 13 Januari 2011

RPL

* Home
* Klaim Tulisan
* Kirim Tulisan
* Iklan
* Lisensi


Membuat Aplikasi Converter Suhu Menggunakan Komponen CORBA Pada Java

CORBA (Common Object Request Broker Architecture) adalah sebuah arsitektur software yang berbasis pada teknologi berorientasi obyek atau Object Oriented (OO) dengan paradigma client-server. CORBA dapat digunakan untuk pengembangan software dengan berbasis pada rekayasa berkomponen. CORBA lahir berdasarkan ‘kesepakatan’ antara sejumlah vendor dan pengembang perangkat lunak terkenal seperti IBM, Hewlett-Packard, dan DEC, yang tergabung dalam sebuah [...]

Metode Pengembangan Sistem menggunakan Model Prototype

Metode pengembangan sistem dalam merancang sebuah software bermacam-macam jenisnya, ada yang menggunakan waterfall, SDLC, prototype dan lain-lain. Masing – masing metode tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi anda yang sedang menyusun tugas skripsi biasanya metode pengembangan system ada di Bab 1 dan biasanya masuk ke dalam sub dari metode penelitian. Kali ini yang akan [...]


Grafika Komputer dengan Visual Basic 6

Dalam Visual Basic kita dapat membuat program untuk menghasilkan tampilan grafis dalam form. Selain itu kita juga dapat menentukan koordinat dari tampilan grafis yang akan kita tampilkan. Dalam kesempatan kali ini kita akan coba menggunakan fungsi-fungsi tersebut dalam mengolah grafika komputer dalam Visual Basic 6. Beberapa fungsi yang akan kita gunakan adalah: 1. Line Method [...]

Membuat Copy To Move To pada Windows 7

Artikel ini membahas bagaimana membuat Copy To dan Move To… pada Windows 7, artikel ini penulis buat dari kelanjutan artikel yang sebelumnya…. Artikel ini sebenarnya sudah lama ingin penulis posting, namun karena terkendala kesibukan di kampus, jadinya penulis mempostingnya sekarang. Artikel ini sengaja penulis publikasikan karena pada umumnya teman – teman yang menggunakan Windows 7 [...]
Dasar Pemrograman Shell dan Batch pada Command Processor

Artikel ini penulis buat karena terinspirasi dari situs Ilmukomputer.org yang pada bagian “Dasar Pemrograman Shell dan Batch” yang terlampaui sangat jarang dan sedikit sekali. Disini penulis ingin mengembangkan rasa keingintahuan para pembaca akan pentingnya pemrograman shell dan batch yang khususnya pada Command Promptnya Windows atau yang kita kenal dengan “CMD” sedangkan untuk pemrograman shellnya unix [...]

Membuat Welcome Screen XP

Sebagai pengguna Windows XP, Anda pasti sudah jenuh dengan tampilan welcome screennya yang dari dulu tidak pernah berubah. maka dari itu saya akan membantu Anda untuk membuat tampilan Welcome Screen Windows XP menjadi lebih menarik.

Kadang kala kalau bikin program tuh banyak banget pake if-than…. yah emang klausa itu merupakan hal pokok ! tapi bagaimana kalau terjadi error on run time? Tidak menutup program tapi kan gak enak kalau ada error gitu deh ;( Kita langsung ke try except… apa seh itu ? try digunakan untuk meng-eksekusi code yang kemudian [...]

Gerbang Logika Digital


Sistem digit merupakan bidang yang agak baru dalam dunia elektronika kurang lebih sejak awal tahun 50-an, yang pada akhirnya nanti membantu atau menambah perbendaharaan instruksi microprocessor dalam tugasnya mengolah data baik secara perangkat keras (dalam sirkuit internal microprocessor) maupun software (instruksi microprocessor yang dijalankan melalui program atau software). Contohnya secara software, sifat khas XOR, salah [...]

Membuat Software Requirement


Requirement adalah pernyataan yang menidentifikasikan kebutuhan yang penting dalam sistem dan didalamnya mencakup aspek kebenaran, Realistis, Dibutuhkan, tidak ambigu, dan terukur. Langkah yang paling penting dalam proses requirement adalah komunikasi yang akurat antara user yang memerlukan sistem dengan pembuat sistem. Banyak orang sering salah dalam mendefinisikan requirement untuk sistem yang mereka bangun, kerena mereka kurang [...]

Rekayasa Teknik Multi Desktop Windows Menggunakan Pemrograman API Visual Basic

Desktop adalah sesuatu yang sudah tidak asing lagi bagi pengguna komputer, merupakan suatu bentuk layar tampilan sebagai media pengoperasian sistem operasi berbasis gui. Sistem operasi linux dengan segala turunannya telah melekat dengan penggunaan multi desktop, dimana dalam satu user yang aktif bisa memiliki beberapa desktop pada saat yang bersamaan. Hal ini mungkin diperlukan untuk memudahkan [...]

Mengenal Enterprise Application Integration (EAI)

Pada artikel kali ini, kita akan membahas topik yang jarang atau bahkan tidak pernah dibahas dalam perkuliahan formal ilmu komputer. Pengajaran ilmu komputer selalu mengandaikan kondisi ideal dan sederhana. Kenyataannya, kondisi sistem informasi di dunia bisnis tidaklah ideal dan biasanya sangat kompleks. Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) biasanya mengasumsikan bahwa mahasiswa membuat software baru [...]

Tutorial Rational Rose


Rational Rose merupakan salah satu software yang paling banyak digunakan untuk melakukan design software melalui pendekatan UML (Unified Modelling Language). Tool sangat mudah karena sudah menyediakan contoh-contoh design dari beberapa software. Sebelum menggunakannya, terlebih dahulu pahamilah tentang UML ( Unified Modelling Language ). Tutorial ini ditujukan untuk pembaca yang sudah memiliki pengetahuan tentang UML (Unified [...]

Extreme Programming – Melakukan Pengembangan Perangkat Lunak dengan Lebih Sederhana

Permasalahan utama yang sering muncul dalam sebuah proyek pengembangan perangkat lunak adalah perubahan requirement yang begitu cepat. Hal ini terjadi sebagai akibat perubahan-perubahan yang muncul baik pada aspek bisnis maupun teknologi yang berlangsung lebih cepat daripada proses pengembangan perangkat lunak itu sendiri. Extreme Programming (XP) adalah sebuah pendekatan pengembangan perangkat lunak yang mencoba meningkatkan efisiensi [...]

Analyzing Requirements Engineering Problems

The requirements engineering is the first phase of software engineering process, in which user requirements are collected, understood, and specified. Requirements engineering is recognized as a critical task, since many software failures originate from inconsistent, incomplete or simply incorrect requirements specifications. Many of the most common, most serious problems associated with software development are related [...]

Perencanaan Proyek Rekayasa Perangkat Lunak

Proyek perangkat lunak memerlukan perencanaan yang matang. Hal ini untuk menghindari terjadinya kegagalan pada project perangkat lunak yang kita kerjakan. Tulisan ini berisi beberapa hal yang perlu dikuasai oleh seorang Project Manager untuk dapat menyusun suatu rencana proyek rekayasa perangkat lunak. Tulisan disajikan dengan komprehensif, selain berbagai teori rekayasa perangkat lunak, juga dilengkapi dengan contoh-contoh [...]

Meluruskan Salah Kaprah Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa Perangkat Lunak yang merupakan terjemahan dari terminologi Software Engineering, sedikit mengalami pergeseran makna di realita dunia industri, bisnis, pendidikan maupun kurikulum Teknologi Informasi (TI) di tanah air. Di industri, tester dan programmer sering salah kaprah menyandang gelar Software Engineer. SMK di Indonesia juga latah dengan membuka jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, meskipun secara kurikulum hanya [...]

Requirements Engineering: Mari Pecahkan Masalah Batu!

Requirements engineering adalah fase terdepan dari proses software engineering, dimana software requirements (kebutuhan) dari user (pengguna) dan customer (pelanggan) dikumpulkan, dipahami dan ditetapkan. Para pakar software engineering (rekayasa perangkat lunak) sepakat bahwa requirements engineering adalah suatu pekerjaan yang sangat penting, terutama berdasarkan fakta bahwa kebanyakan kegagalan pengembangan software disebabkan karena adaya ketidakkonsistenan (inconsistent), ketidaklengkapan (incomplete), [...]

Pengantar UML

Pemodelan (modeling) adalah proses merancang piranti lunak sebelum melakukan pengkodean (coding). Model piranti lunak dapat dianalogikan seperti pembuatan blueprint pada pembangunan gedung. Membuat model dari sebuah sistem yang kompleks sangatlah penting karena kita tidak dapat memahami sistem semacam itu secara menyeluruh. Semakin komplek sebuah sistem, semakin penting pula penggunaan teknik pemodelan yang baik. Dengan menggunakan [...]

Pengantar Pemrograman Berbasis Aspek

Paradigma rekayasa perangkat lunak terakhir yaitu berbasis obyek (object-oriented) telah meraih sukses besar. Usaha meningkatkan mutu desain program dengan dicapainya peningkatan readability, reusability serta dekomposisi struktural (modularity). Ini merupakan motivasi utama pergeseran dari pemrograman prosedural menjadi berbasis obyek. Dalam desain berbasis obyek, lokalisasi komponen dan obyek didasarkan atas unit fungsi (seperti book, account, log). Satu [...]

Pengantar OOAD

The first object-oriented language is generally acknowledged to be Simula-67, developed in 1967. This language never had a significant following, although it greatly influenced the developers of several of the later object-oriented languages. The object-oriented movement became active with the widespread availability of Smalltalk in the early 1980s, followed by other object-oriented languages, such as [...]


LATEST ARTICLES

* 07-01 Membuat Chart Dengan JSChart
* 31-12 Database Link Oracle
* 23-12 Network Client Server Backup dengan Bacula pada Centos
* 20-12 Membuat SMS Gateway dengan SMSLib
* 20-12 Tutorial Web Service JAX-WS Tutorial Web Service JAX-WS Konverter Suhu dengan NetBeans
* 08-12 Membuat Custom Domain Blogger dengan cPanel
* 07-12 Instalasi dan Setting OpenGL Pada Microsoft Visual C++ 6.0
* 04-12 Tutorial Instalasi PHPmotion di Centos
* 04-12 Membangun Jaringan Berbasis Multipoint dengan Memanfaatkan Switch
* 02-12 Membuat Aplikasi Converter Suhu Menggunakan Komponen CORBA Pada Java
* 25-11 Internet Gratis dengan Telkomsel Flash
* 22-11 Pengantar Pemrograman Web Menggunakan ASP
* 22-11 Pemorograman ASP Dalam Implementasinya Menggunakan ADO
* 22-11 Menyimpan Informasi dari sebuah Formulir Online Menggunakan ASP
* 22-11 Dasar-Dasar ASP
* 19-11 Windows Phone Development
* 18-11 Implementasi Sederhana Regular Expression (Regex) Pada Java
* 15-11 Integrasi Mail Server Mercury (XAMPP) dengan Squirrelmail
* 15-11 Mengenal Module Joomla
* 15-11 Lebih Dekat Dengan Component Joomla
* 14-11 ClearOS, Solusi Router Praktis dan Gratis
* 13-11 Metode Pengembangan Sistem menggunakan Model Prototype
* 11-11 Konsep Teknologi Informasi
* 06-11 Tutorial Jquery Facebox
* 03-11 Solusi Google All in One : iGoogle
* 03-11 Bagaimana kabar disket sekarang?
* 01-11 Membuat CD Profil Perusahaan Interktif (edisi lengkap)
* 28-10 Grafika Komputer dengan Visual Basic 6
* 21-10 Game Tebak Kartu dengan Windows Multipoint SDK (Part III)
* 13-10 Penggunaan Seven Segment Display sebagai Lampu Indikator logika ( “High” dan “Low”) pada suatu percobaan Digital
* 13-10 dahlan-PenampilHigh&Low2010
* 13-10 Cara Instalasi komponen Small Port pada Delphi 7.0
* 12-10 Software Penghemat Baterai Laptop
* 08-10 Membangkitkan “delay time” lebih besar dari satu detik dengan menggunakan Timer 0 denga mode 1 pada keluarga Microcontroller 8051
* 08-10
* 05-10 Partisi Tabel dan Partisi Index Pada Database Oracle
* 01-10 Membuat Copy To Move To pada Windows 7
* 26-09 Panduan Yahoo! Koprol – Cara Daftar dan Cara Menggunakan Yahoo! Koprol
* 25-09 Cara Mencuri Pulsa Kawan
* 25-09 Perancangan Database pada Interbase Server (Studi Kasus: Sistem Informasi Sirkulasi Perpustakaan)



Copyright © 2003-2011 IlmuKomputer.Com · Powered by WordPress, Brainmatics. Founded by Romi Satria Wahono

Log in

1 komentar:

 
Copyright © . Joker Informasi sekilas - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger